gubaforum
dengan gabung bersama kami
kita belajar bersama tentang teknologi
please login here


FORUM BELAJAR DARI ANAK GUNUNG BATIN MOHON BIMBINGAN DAN ARAHAN DARI PARA MASTER
 
IndeksPortalCalendarGalleryFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin
Top posting users this month
Latest topics
December 2017
MonTueWedThuFriSatSun
    123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
CalendarCalendar
protection spam
JAM SAAT INI
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
find us in facebook

Share | 
 

 Waspadalah! Badai Matahari akan sambar bumi

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
jhojho

avatar

Jumlah posting : 13
Points : 27
Reputation : 6
Join date : 01.08.11
Age : 29
Lokasi : goeba village

PostSubyek: Waspadalah! Badai Matahari akan sambar bumi   Tue Aug 09, 2011 8:02 am

Dalam beberapa hari ini, akibat 3 letupan besar di permukaan matahari sepanjang minggu lalu, bakal menimbulkan gelombang badai elektromagnetik. badai matahari ini menyebabkan gangguan satelit,perangkat telekomunikasi, serta elektronik.

pemerintah Amerika Serikat, bahkan secara khusus mengeluarkan peringatan resiko tersebut. " Badai matahari yang akan terjadi berikutnya mungkin memiliki level sedang atau kuat" kata Joseph Kunches, ilmuwan dari Space Weather Prediction Centre, divisi dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

Kunches mengungkapkan badai matahari yang terjadi minggu lalu dan berikutnya bisa berdampak pada satelit komunikasi dan Global Positioning System (GPS) dan bahkan dapat menciptakan aurora yang bisa dilihat dari wilayah Minesota dan Winconsin, A.S.

Aurora yang tercipta, disebut aurora berealis, merupakan cahaya alami yang bisa dilihat dari wilayah Artic dan Antartica. Fenomena ini terbentuk akibat tumbukan antara partikel berenergi tinggi dengan atom di lapisan atas atmosfer.

Menurut NOAA, kerusakan besar akibat badai matahari jarang terjadi,namun pernah dilaporkan adanya dampak serius pada tahun 1989 misalnya. Badai matahari mengakibatkan pembangkit listrik di Quebec,Kanada, lumpuh total sehingga warga setempat hidup tanpa listrik selama berjam-jam.

sementara dampak terbesar badai matahari terjadi pada tahun 1958. Badai matahari melumpuhkan sistem komunikasi telegraf di seluruh dunia dan menciptakan aurora yang bisa dilihat dari karibia.

Sistem telegraf dilaporkan terus mengirimkan sinyal walaupun baterai telah dicopot. Bagaimana dengan dampak badai matahari kali ini? Kunches mengungkapkan, " saya pikir badai matahari yang terjadi kali ini tak akan mendekati itu, ini akan ada pada angka 2 atau 3 dari 5 skala NOAA Space Weather"

Tapi, tetap harus waspada. badai matahri yang terjadi minggu lalu mengakibatkan sedikit dampak di bumi. Sementara badai kedua lebih kuat. Yang ketiga, masih belum dilaporkan , tapi kemungkinan bisa memperburuk badai matahari yang kedua atau tidak berdampak sama sekali.

Direktur Space Weather Prediction, Tom Bogdan, mengatakan, puncak badai matahari terjadi 12 tahun sekali. Seperti dikutip Reuters, Jum'at (5/8/2011). Ia memperkirakan badai matahari berikutnya akan terjadi pada tahun 2013.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
 
Waspadalah! Badai Matahari akan sambar bumi
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Fakta Mengerikan Tentang bumi
» baca aja! insyaAllah km akan suka :)
» Kumpulan ceritayang Bila Ditelusuri Maknanya Akan Menjadi Sangat Menyeramkan!
» (WTA) Apakah motor yang jarang dipakai akan mempengaruhi Oli mesin didalamnya?
» apa yang akan kamu lakukan kalau . . .

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
gubaforum :: GENERAL KNOWLEDGE-
Navigasi: