gubaforum
dengan gabung bersama kami
kita belajar bersama tentang teknologi
please login here


FORUM BELAJAR DARI ANAK GUNUNG BATIN MOHON BIMBINGAN DAN ARAHAN DARI PARA MASTER
 
IndeksPortalCalendarGalleryFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin
Top posting users this month
Latest topics
December 2017
MonTueWedThuFriSatSun
    123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
CalendarCalendar
protection spam
JAM SAAT INI
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
find us in facebook

Share | 
 

 Mengatasi Laptop Yang Tidak Mau Hidup Setelah Masuk Modus Hibernate Atau Sleep

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Admin
Admin
avatar

Jumlah posting : 150
Points : 447
Reputation : 1
Join date : 10.06.11
Age : 24

PostSubyek: Mengatasi Laptop Yang Tidak Mau Hidup Setelah Masuk Modus Hibernate Atau Sleep   Sun Sep 18, 2011 12:02 pm

Pernahkah Anda pada suatu saat mengalami masalah pada saat menghidupkan komputer setelah masuk modus hibernate atau sleep, tetapi yang Anda dapati hanyalah layar monitor yang tetap menghitam meskipun lampu indikator LED di CPU atau monitor menyala? Mungkin Anda akan mencoba sekali lagi dengan merestart komputer Anda, sekali lagi dan.. sekali lagi yang Anda dapati hanyalah komputer dengan lampu indikator LED yang menyala, tetapi monitor Anda tetap tidak menampilkan apapun.

Apa yang sebenarnya terjadi?

Jawaban yang mungkin masuk akal adalah: Bug atau penyakit yang diakibatkan oleh modus hibernate atau sleep yang dijalankan Windows itu sendiri. Microsoft tahu masalah ini dan telah berusaha untuk mencari tahu cara memperbaikinya selama bertahun-tahun hingga sekarang.Bahkan terungkap saat Microsoft merilis Windows 7 dan beberapa manufaktur komputer bertanya:”Apakah Anda telah memperbaiki Modus Hibernate dan Sleep?” Jawaban Microsoft adalah:”Ya”, tetapi hasil yang bergema diluar adalah:”Tidak!”.

Proses Modus Hibernate & Sleep

Apa yang terjadi adalah, ketika komputer Anda masuk ke modus Hibernate atau Sleep, Windows akan mematikan semua proses internalnya sesuai dengan urutan yang sudah ada dan terorganisir. Hanya saja pada saat komputer dihidupkan kembali, karena suatu alasan yang tidak bisa diprediksi, Windows akan melompati atau mengabaikan driver video dalam daftar urutannya. Karena alasan inilah, maka berapa kalipun Anda mencoba untuk merestart atau menghidupkan kembali komputer setelah memasuki modus Hibernate atau Sleep, hasilnya akan tetap sama saja dan tidak bisa menyelesaikan masalah. Karena pada saat proses mengaktifkan kembali komputer, Windows masih membaca data yang “rusak” hasil proses hibernasi atau sleep komputer Anda.

Restart Paksa Komputer

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memaksa komputer yang terlanjur “Hibernasi Abadi” agar mau menyala kembali:

· Matikan komputer dengan menekan dan menahan tombol power sampai komputer mati.
· Cabut kabel power listrik yang terhubung ke komputer (Untuk pengguna laptop: cabut juga kabel adaptor dan baterei dari laptop).
· Tekan dan tahan tombol power selama 30 detik (Jangan heran, tentu saja Anda tidak akan melihat apapun di layar monitor Anda. Ini berfungsi untuk membersihkan chip memori statis di komputer yang menyimpan informasi “Start up” komputer Anda).
· Pasang kembali kabel power listrik ke komputer (Untuk pengguna laptop: pasang kembali baterei beserta kabel adaptornya).
· Silahkan menyalakan komputer Anda kembali.
Pencegahan
Seperti yang sudah diulas di atas, awal permasalahan ini berakar dari proses Windows untuk mengolah sistem driver video di komputer. Jadi, sepertinya tidak ada yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki bug atau penyakit komputer yang satu ini.
Namun kita bisa mencegah agar hal ini tidak terulang kembali yaitu dengan mematikan fungsi hibernasi dan sleep di komputer Anda.

Kesimpulan Akhir

Tips ini hanya diperuntukkan untuk masalah yang timbul karena proses modus hibernasi atau sleep di komputer saja (pengalaman pribadi, pernah terjadi pada beberapa desktop dan laptop branded yang menggunakan chipset ATI). Jika permasalahan yang Anda hadapi bukan karena kedua hal tadi, dan Anda belum mampu untuk menyelesaikannya, membawa komputer Anda ke tempat servis komputer untuk diperbaiki mungkin adalah ide yang terbaik.

Sumber : http://acarossa.web.id
semioga beermanfaat gan... afro lol!
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://gubaforum.indonesianforum.net
 
Mengatasi Laptop Yang Tidak Mau Hidup Setelah Masuk Modus Hibernate Atau Sleep
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Cat Ninja Jadi Kasar (overspray)
» (Wta) menyiasati DB killer two bros yang tidak ada?
» Tanya: merk Knalpot yg tidak ribut bunyinya tapi bisameningktkan tenaga
» Minta saranya dong teman2
» WTB macem", yang punya barang istimewa "MASUK SAJA"

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
gubaforum :: TUTORIAL :: TIPS AND TRIK-
Navigasi: